4 Cara Check in Hotel Secara Langsung

  • Whatsapp

Apakah kamu sudah pernah menginap di sebuah hotel? Bagi yang sudah pernah sering menginap di hotel, pasti sudah tidak asing lagi dengan tata cara menginap di hotel dari awal pemesanan atau reservasi hingga proses check out. Akan tetapi bagi yang baru pertama kali ingin menginap di hotel dan harus melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang lain, hal tersebut bisa jadi membingungkan dan akan menimbulkan banyak pertanyaan. Maka sari itu artikel ini akan membantumu menyelesaikan masalah agar tidak bingung dengan cara check-in hotel secara langsung. Kamu bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Dengan banyaknya destinasi wisata di Indonesia ternyata kini turut memacu geliat bisnis perhotelan di sejumlah kota. Penginapapn yang dibangun di sejumlah destinasi wisata pun bermacam-macam jenisnya ada yang berbentu villa, resort, gueshost, hotel dan yang lainnya.

Read More

Masing-masing hotel juga memiliki kebijakan yang berbeda terkait aturan booking atau sewa menyewa kamar, check in, check out, hingga aturan pembatalan. Aturan ini diterapkan tidak lain hanya demi kenyamanan para tamu yang menginap di hotel.

Hampir setiap hotel yang ada di Indonesia menerapkan peraturan yang sama untuk booking atau check in hotel, namun biasanya syarat utama yang harus dipenuhiyaitu mengisi data diri dengan lengkap, mulai dari nama lengkap, nomor KTP, alamat jenis kelamin hingga nomor telepon yang bisa dihubungi.

Namun jika dalam kondisi tertentu kadang kita membutuhkan hotel yang bisa menerima booking tanpa KTP. Akan tetapi menurut beberapa orang yang sudah berpengalaman ada kok beberpa hotel yang tidak perlu menggunakan KTP tapi sebagai gantinya menggunakan SIM dan semisal kamu juga tidak mempunyai SIM bisa menggunakan Paspor.

Peraturan ini dibuat bukan karena apa, cuma pihak Hotel tidak ingin terkotori dengan pelanggan yang tidak mempunyai identitas dan juga KTP sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen hotel untuk mencocokan data kamu saat ingin check-in dan juga pada saat check out.

Related  2 Cara Check in di OYO

Jika kamu ingin menginap sekamar dengan lawan jenis, biasanya peraturan di hotel yang backpaker peraturannya agak longgar dan mengizinkan mix gender (lawan jenis) tidur dalam satu kamar dengan ranjang yang terpisah dan biasanya hotel dengan jenis bacpacker itu lebih murah.

Nah, bagi calon tamu yang data dengan pasangan dan sudah menikah biasanya diwajibkan untuk menunjukan KTP dengan status Sudah Menikah. Biasanya ini terjadi di Hotel yang berbasis Syariah, sehingga jika kamu tidak bisa meunjukan KTP dengan alamat yang sama kamu sebaiknya menunjukan buku nikah yang asli atau fotocopy buku nikah agar di izinkan untuk menginap di kamar. Memang bisa di katakan jika menginap di Hotel Syariah tidak diinxan menginap sekamar dengan lawan jenis.

Sebenarnya meminta pengunjung untuk menunjukan KTP atau kartu identitas ketika mengajukan aplikasi booking hotel memang tidak ada dasar hukum yang mengaturnya. Tetapi dalam UU hukum pidana telah disebutkan bahwa pihak hotel atau penginapan akan di tuntut jika menerima tamu tanpa identitas yang jelas. Tidak hanya untuk menghindari adanya pasangan yang tidak sah yang menginap sekamar namun juga untuk menghindari adanya buronan atau tindak kejahatan yang mungkin terjadi di dalam hotel hal ini sangat merugikan pihak hotel apabila terjadi.

Memesan kamar di hotel kini bisa melalui berbagai cara, bisa melalui agen travel, bisa melalui pemesana di situs online seperti Traveloka, Pegi-pegi, Redoorz, atau kamu bisa check in secara langsung di hotel yang ingin kamu tuju.

Cara Check in Hotel Secara Langsung

Cara Check in Hotel Secara Langsung
Check in Hotel Secara Langsung | IMG from: Phinemo.com

Jika kamu mungkin kebetulan sedang membutuhkan hotel pada saat itu juga, sehingga tidak sempat melakukan pemesanan secara online. Kamu masih menggunakan cara check-in hotel secara langsung. Untuk caranya sendiri masih terbilang mudah kok, jadi kamu tak perlu bingung dan takut. Berikut langkah-langkah cara check in hotel secara langsung:

1. Masuk Ke Meja Lobi Utama

Setelah kamu sampi di hotel tujuan yang sesuai dengan keinginan kamu, maka setelah parkir kendaraan kamu bisa tanya ke tempat meja lobi utama untuk bisa mendapatkan akses ke respsionis hote. Nantinya respsionis hote ini akan melayani kamu secara maksimal dan akan menanyakan mengenai kamar yang ingin kamu pesan.

2. Mengisi Formulir

Formulir adalah biodata calon tamu yang akan menginap, mulai dari jenis kamar yang kamu pilih, tanggal berapa dan jam berapa kamu ingin check in di hotel tersebut. Apabila ada beberapa hal yang tidak kamu mengerti, maka kamu bisa bertanya langsung ke resepsionis dan kamu akan dibantu dengan pelayanan ramah dari mereka.

3. Mendapatkan Kartu Kamar

Nah setelah kamu menyelesaikan pengisian formulir dan kamu sudah deal dengan jadwal check in, chek out serta jenis kamar. Kamu akan melanjutkan pembayaran untuk mendapatkan kunci atau kartu kamar. Sistem pembayarannya bisa melalui m-Banking, Cash, Kredit maupun Debit.

Biasanya di beberapa hotel besar akan menyediakan petugas atau room boy yang akan membntu kamu menunjukan lokasi dari kamar yang kamu pesan tadi. Jika tidak ada maka kamu bisa tanyakan langsung ke petugas hotel yang sedang bertugas saat itu.

4. Penanganan Check-in Tamu VIP

Dalam penanganan check-in tamu VIP ini tentu akan sedikit berbeda dari tamu biasanya. Pelayanan yang diberikan kepada tamu VIP ini akan lebih khusus. Maka dari itu ddiperlukan persiapan khusus untuk menyambut kedatangan tamu-tamu VIP.

Related  2 Cara Check in di OYO

Berikut ini adalah prosedure penangan tamu VIP saat check-in:

  • Sebelum tamu VIP datang, guest card dan kunci kamar harus sudah dipersiapkan.
  • Cocokan nama tamu VIP tersebut dengan data yang ada di reservasi.
  • Di kamar pastikan welcome card dan fruit bucket harus siap. Untuk beberapa hotel ada juga yang memberikan coklat atau minuman sebagai amenities tambahan.
  • Registrasi tamu VIP bisa dilakukan di kamar dengan memberikan ID atau passport dan KTP serta ada jaminan dari protokolnya.
  • Berbagai kartu dan kupon akan ditempatkan menjadi salah satu dalam guset card dan GRO akan mengantarkan tamu ke kamar serta menyerahkan guest card tersebut.
  • Belboy yang membawakan barang tamu VIP tersebut, akan meletakkannya pada luggage rack dengan rapi.
  • Setelah memasuki kamar, GRO akan meletakkan key card tersebut pada power panel untuk menyalakan listrik di kamar tersebut, dan kemudian GRO menjelaskan fasilitas di kamar tersebut kepada tamu VIP.
  • GRO akan mempersilahkan tamu VIP untuk bertanya bila ada sesuatu yang perlu ditanyakan.
  • Ucapkan selamat beristirahat dan jangan lupa ucapkan magic word sebelum meninggalkan kamar.

Gimana? kamu ingin mencoba pesan hotel dengan VIP? Dari penjelasan diatas sudah beda ya mulai dari pelayanan dan juga fasilitas yang didapatkan. Nah itu lah cara check-in hotel secara langsung yang bisa kamu lakukan jika ingin mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih.

Artikel Pilihan:

Related posts