4 Cara Cek IMEI Samsung

  • Whatsapp

Tak hanya spesifikasi HP, kamu perlu tahu nomor IMEI saat akan membeli HP Samsung baru. IMEI merupakan identitas sebuah HP. Dengan mengetahui nomor IMEI, kamu dapat mengecek HP Samsung tersebut resmi atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek IMEI Samsung.

Di Indonesia, HP yang tidak memiliki nomor IMEI artinya tidak terdaftar secara resmi, sehingga akan diblokir. Akibatnya, HP tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti pada umumnya, misalnya internet, telepon, dan SMS. HP hanya bisa digunakan untuk kegiatan yang tidak memerlukan jaringan seperti bermain game offline dan berfoto.

Read More
Beda lagi jika kamu menggunaka HP Samsung tersebut di negara yang tidak menerapkan aturan IMEI. HP Samsung bisa berfungsi secara normal. Bisa digunakan untuk akses internet, telepon, dan SMS.

Apa itu IMEI?

International Mobile Station Equipment Identity atau biasa disebut IMEI merupakan nomor unik yang terdapat pada setiap HP sebagai bukti bahwa HP tersebut terdaftar secara resmi. Jadi, setiap HP Samsung resmi pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda satu dengan lainnya. Setiap HP memiliki nomor IMEI yang terdiri dari 14-16 digit angka.

14-16 digit nomor IMEI ini terdiri atas struktur tertentu. Berikut adalah penjelasannya:
  • Dua digit pertama digunakan sebagai bukti produsen HP tersebut telah mendapat persetujuan dari GSMA untuk alokasi TAC
  • Enam digit berikutnya adalah sisa TAC
  • Enam digit berikutnya lagi  adalah serial model HP
  • Satu digit terakhir digunakan untuk verifikasi dari digit sebelumnya
Related  Cara Cek PW Wifi

Bagi yang belum tahu, Nomor IMEI ini berbeda dengan nomor seri.  Nomor IMEI digunakan secara internasional atau global tak hanya oleh produsen saja. Berbeda dengan nomor seri, merupakan nomor unik yang ditetapkan oleh produsen.

IMEI ibarat identitas sebuah HP. Karena itulah bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa kegunaan nomor IMEI pada HP Samsung, diantaranya:

  • Klaim garansi
  • Membantu penyedia jaringan melacak HP yang hilang atau dicuri
  • Membantu dalam cek keaslian HP

Saat kamu kehilangan HP Samsung, pihak yang berwenang dapat memblokir HP tersebut melalui nomor IMEI. Nantinya HP Samsung tersebut tidak dapat digunakan karena tidak bisa mendapatkan jaringan. Lantas, bagaimana cara cek IMEI Samsung? Berikut cara-cara yang dapat kamu coba.

Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung
Cara Cek IMEI Samsung

Ada beberapa cara cek nomor IMEI HP Samsung. Nah, untuk lebih jelasnya, simak baik-bak ulasan berikut ini, ya!

1. Cek IMEI Samsung Melalui Box

Cara pertama adalah melalui box pembelian. Ketika membeli HP Samsung baru biasanya ada box pembeliannya. Di bagian belakang box terdapat beberapa spesifikasi HP Samsung, mulai dari kapasitas penyimpanan internal, RAM, hingga nomor IMEI.

Nomor IMEI yang tertera pada box ini bisa kamu gunakan untuk mengecek HP Samsung tersebut. Kamu bisa mencocokkan nomor IMEI yang tertera pada box dengan nomor IMEI yang ada di pengaturan HP. Jika nomor IMEI sama, bisa dipastikan jika HP Samsung tersebut asli dan resmi. Namun, jika berbeda, kemungkinan besar HP Samsung tersebut illegal atau palsu.

Saat ini memang banyak sekali peredaran HP Samsung illegal atau biasa disebut black market dan HP Samsung palsu. Sebagai pembeli memang harus waspada dan selalu cek keaslian HP. Adanya nomor IMEI ini akan menghindarkanmu dari oknum jahat penjual HP Samsung illegal atau palsu.

Related  Cara Cek Pulsa Axis

2. Cek IMEI Samsung Melalui Baterai

Pengguna HP Samsung seri lama bisa menggunakan cara ini. Pasalnya Samsung seri lama masih menggunakan baterai yang bisa dilepas pasang. Berbeda dengan HP Samsung seri baru yang baterainya adalah baterai tanam alias tidak bisa dilepas pasang.

Cara ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mematikan HP Samsung milikmu. Kemudian cabut baterainya. Selajutnya kamu bisa melihat nomor IMEI pada tempat baterai tersebut.

3. Cek IMEI Samsung Melalui Pengaturan

Cara berikutnya yaitu cek IMEI melalui menu Pengaturan di HP Samsung. Sebenarnya tak hanya untuk HP Samsung, cara ini juga dapat digunakan pada HP lain. Berikut cara yang dapat kamu ikuti:

  • Silakan menuju menu Pengaturan atau Settings pada HP Samsung
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih About Phone atau Tentang Ponsel
  • Pada pilihan ini langsung tampil informasi mengenai nomor IMEI, yaitu di samping nomor seri dan nomor model HP Samsung
  • Akan muncul dua nomor IMEI berbeda jika menggunakan HP Samsung dual SIM. Ini karena nomor IMEI dikeluarkan berdasarkan jumlah slot SIM yang ada di HP.
  • Kamu bisa menyalin nomor IMEI ini ke clipboard

4. Cek IMEI Samsung Melalui Kode USSD

Cara ini seperti sebelumnya, tak hanya dapat digunakan pada HP Samsung, bisa juga untuk HP merk lainnya. Caranya sangat mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Panggilan pada HP Samsung milikmu
  • Ketik *#06#
  • Kemudian tekan Panggil/Call/OK
  • Secara otomatis informasi mengenai nomor IMEI akan tertampil di layar HP
  • Apabila HP Samsung yang kamu gunakan dual SIM, maka akan muncul dua nomor IMEI
  • Informasi ini tidak dapat disalin, jadi jika kamu ingin menyimpannya bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot

Cara Cek IMEI Samsung Online

Setelah mengetahui nomor IMEI HP Samsung melalui 4 cara di atas, jangan lupa mencatatnya. Lalu kamu bisa melakukan pengecekan lanjutan secara online melalui situs resmi Kementrian Perindustrian. Ini untuk mengetahui apakah HP Samsung tersebut terdaftar pada Kemenperin atau tidak. Nah, berikut adalah caranya:

  • Kunjungi halaman resmi https://imei.kemenperin.go.id/
  • Masukkan 14 – 16 digit nomor IMEI HP Samsung yang telah kamu catat sebelumnya
  • Selanjutnya klik Search
  • Informasi mengenai IMEI HP Samsung akan tertampil. Apabila HP milikmu terdaftar secara resmi, maka akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin
  • Sebaliknya, jika HP Samsung tidak terdaftar, maka muncul tulisan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin
Related  3 Cara Cek Garansi Samsung

Selain melalaui situs tersebu, kamu juga bisa cek IMEI HP Samsung melalui https://www.imei.info/. Melalui situs tersebut akan tertampil informasi lengkap dari HP Samsung milikmu. Mulai dari merk, tipe, model, hingga spesifikassi lengkap.

Setelah memasukkan 14-16 digit nomor IMEI , informasi  lengkap mengenai HP Samsung akan tertampil di layar. Kamu bisa mencocokkannya dengan informasi yang ada pada pengaturan HP atau pada box pembelian. Jika hasilnya sama, maka HP Samsung milikmu asli dan terdaftar secara resmi. Namun, jika informasi yang tertera di layar berbeda, maka kemungkinan besar HP Samsung tersebut palsu atau ilegal.

Itulah ulasan mengenai cara cek IMEI Samsung. Cek IMEI HP Samsung milikmu, mengingat sangat pentingnya IMEI. Pastikan HP milikmu terdaftar secara resmi, bukan HP illegal atau palsu.

Setelah mengetahui nomor IMEI HP Samsung milimu, jangan lupa untuk mencatatnya. Suatu saat jika kejadian tak diinginkan terjadi, misalnya hilang atau dicuri, kamu bisa melacaknya. Kamu juga  bisa melaporkan kehilangan HP tersebut ke service center Samsung terdekat.

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Related posts