5 Cara Cek Xiaomi

  • Whatsapp

Berbicara tentang Smartphone, mungkin saat ini kita sudah tak lagi asing mendengarnya. Karena sebagaimana kita tau, saat ini segala jenis aktivitas bisa kita lakukan dengan menggunakan smartphone.

Mulai dari berikirim pesan singkat melalui aplikasi chat seperti Whatsapp, melakukan Video Call, Panggilan telpon, atau bahkan sekedar mengakses sosmed, dan lain sebagainya.

Read More

Karena, seiring perkembangan zaman yang makin modern, saat ini kita bisa mendapatkan banyak hal dan juga informasi dengan mudah. Maka dari itulah tak heran jika saat ini banyak pengguna tidak lepas dari smartphone mereka.

Dan salah satu smartphone yang saat ini banyak digunakan adalah Xiaomi. Salah satu brand ponsel pintar terbesar asal china ini, memang menjadi salah satu jenis ponsel yang memliki harga yang cukup terjangkau, dengan fitur yang sangat banyak dan cukup membantu pengguna.

Selain itu, xiaomi juga kerap mengeluarkan seri dan tipe terbarunya yang masuk dalam kelas menengah keatas. Maka tak heran, jika saat ini kita bisa banyak menemukan pengguna yang menggunakan smartphone Xiaomi.

Namun tau gak sih? Walaupun memang xiaomi memiliki ragam varian seri, tipe, dan juga fitur yang semakin di upgrade, nyatanya ada saja ulah nakal para oknum yang menjajakkan ponsel xiaomi dalam kondisi yang kurang baik.

Biasanya, hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, dengan car amengoplos ataupun menggunakan part imitasi dari ponsel xiaomi dengan harga yang murah, dan dijual kembali dengan harga yang murah.

Gak sampai situ aja, bahkan tak jarang kita menemukan banyaknya ponsel xiaomi yang tidak terdaftar dari segi IMEI secara resmi, sehingga pada akhirnya ponsel Xiaomi yang dibeli, tidak dapat digunakan untuk mengaksess internet, mendownload aplikasi, dan lain sebagainya.

Cara Cek Xiaomi

Cara Cek Xiaomi,

Untuk itulah, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara cek xiaomi, agar tidak mengalami kerugian akibat oknum yang mungkin saja mengganti part, ataupun menjual produk xiaomi yang tidak resmi dan tidak asli. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Seperti

Cara Cek Xiaomi Menggunakan CPU-Z

Langkah pertama yang paling mudah adalah dengan mengetahui spesifikasi singkat dari ponsel xiaomi yang digunakan. Disini, mimin menggunakan aplikasi CPU-Z, yang mana kerap digunakan pengguna ponsel untuk mengecek bagian dalam ponsel, tanpa harus membongkarnya. Caranya juga gampang banget.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi CPU-Z di Play Store
  2. Setelah itu install seperti biasa hingga selesai, dan kemudian buka aplikasi CPU-Z
  3. Klik pada Tab System, Devices, ataupun Processor untuk melihat spesifikasi yang tertera secara lengkap.

Pada beberapa tab diatas yang dijelaskan, kamu bisa menyesuaikan spesifikasi yang tertera, dengan spesifikasi xiaomi yang kamu miliki. Biasanya, untuk yang paling spesifik adalah pada baterai.

Karena biasanya ponsel xiaomi yang tidak ori, akan memiliki kapasitas baterai yang tidak sesuai dengan kapasitas aslinya agak jauh. Misalnya begini, untuk Redmi 4X, memiliki kapasitas baterai 400 mAh. Jika pada CPU-Z menampilkan kapasitas baterai sebesar 3980 mAh atau 3950 mAh, maka bisa dipastkan baterai tersebut masih ori.

Namun, apaila kapasitas baterai yang ditampilkan berada pada angka yang cukup jauh, misal 3450 mAh, maka bisa dipastikan baterai tersebut sudah diganti dengan part yang lebih murah, dan bukan bawaan asli dari Xiaomi.

Cara Cek Xiaomi lewat IMEI

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa melakukan pengecekan IMEI untuk mengetahu keaslian dari ponsel xiaomi yang digunakan. Disini, kamu mungkin bisa menggunakan aplikasi IMEI Checker, ataupun dengan cara sederhana seperti berikut.

Related  Cara Cek Saldo di ATM BRI
Lewat USSD Code
  1. Buka terlebih dahulu Aplikasi telpon di ponsel xiaomi kalian
  2. Setelah itu ketikkan kode *#06# dan kemudian tekan Call / OK

Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya IMEI kalian muncul, atau

Lewat Pengaturan
  1. Buka Settings / Pengaturan
  2. Klik pada About Phone / Tentang perangkat
  3. Klik pada Information Devices / Informasi Perangkat.

Dan pada menu informasi perangkat, kamu bisa melihat IMEI yang tertera.

Biasanya, IMEI yang muncul pada perangkat xiaomi berjumlah 2 buah. Hal ini dikarenakan ponsel xiaomi sudah support dual SIM, untuk memudahkan penggunanya.

Jika IMEI sudah muncul, maka kamu bisa mencocokkan IMEI yang tertera, dengan yang ada di bagian dus box, ataupun dibagan belakang backdoor Xiaomi kalian. Tetapi jika kamu membeli ponsel xiaomi dalam kondisi tidak ada dus dan sticker IMEI di bagian belakang, kamu bisa mengecek IMEI tersebut melalui link https://imei.kemenperin.go.id/

Cara Cek Xiaomi lewat MiAccount

Kemudian untuk cara yang ketiga adalah, kita bisa melakukan pengecekan secara mudah, dengan menggunakan Mi Account. Buat yang belum tau, Mi Account sendiri merupakan akun penting, yang harus dimiliki oleh pengguna Xiaomi untuk bisa mengaksess ponsel mereka.

Biasanya, ponsel yang tidak asli atau tidak resmi, tidak akan meminta kamu untuk membuat akun Mi, ataupun login kedalam Akun Mi. Tapi gak cuma itu aja, bisa jadi hal ini dikarenakan oleh OS atau Custom Rom yang digunakan, memang tidak asli milik xiaomi.

Maka dari itu, kamu bisa mengecek Aplikasi Mi Account di Ponsel kalian. Jika mungkin kamu memiliki aplikasinya, cobalah untuk  daftar dan kemudian mengisi data-data yang dibutuhkan, agar bisa login dengan menggunakan Akun Mi yang sudah dibuat.

Cara Cek Xiaomi lewat Test Mode

Kemudian, kamu bisa melakukan test mode untuk mengetahui jaringan dari ponsel xiaomi yang kamu gunakan. Biasanya, cara ini kerap dipakai ketika pengguna mengalami masalah pada jaringan mereka. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Buka aplikasi Ponsel atau telpon di xiaomi kalian
  2. Setelah itu, ketikkan kode *#*#4636#*#* dan tekan OK / CALL
  3. Nantinya, kamu akan masuk kedalam test mode, dan kamu bisa mengubah jaringan yang ada pada kolom yang tersedia.
Related  4 Cara Cek Paket Tri

Mungkin terdengar agak ‘tidak nyambung’ antara jaringan dan keaslian ponsel xiaomi. Namun tau gak, jika ponsel xiaomi yang mungkin menggunakan ROM atau OS tidak ori dari xiaomi, biasanya tidak akan masuk kedalam Test Mode ketika pengguna mengaksessnya mengunakan kode tersebut.

Cara Cek Xiaomi lewat Unlock Bootloader

Terakhir, ada cara yang paling efektif untuk mengetahui apakah smartphone xiaomi yang kamu gunakan asli atau tidak, yakni dengan melakukan pengecekan pada Bootloader xiaomi yang digunakan. Buat yang belum tau, Bootloader sendiri merupakan sebuah sistem dari Xiaomi, yang biasa digunakan untuk para opreaker melakukan Root.

Untuk bisa melakukan Root, pengguna harus terlebih dahulu melakukan unlock bootloader. Dan biasanya, hal ini akan memakan waktu sekitar 2 – 3 hari. Dan untuk mengeceknya, kamu bisa mengikuti langkah berikut

  1. Masuk ke pengaturan / Settings
  2. Setelah itu, klik pada menu About Phone / Tentang Ponsel
  3. Lalu, tap atau klik pada MIUI Version sebanyak 7x sampai muncul pop up ‘Anda telah masuk dala mode pengembang’
  4. Tekan back, dan klik pada ‘Additional Options’ / ‘Pengaturan Tambahan’
  5. Lalu, klik pada ‘Mode Pengembang’ / ‘Developer Options’
  6. Dan klik pada MI Unlock Status

Pada bagian inilah, jika Xiaomi kalian asli dan belum di Root, Status yang ditampilkan adalah Terkunci. Namun, jika xiaomi kalian sudah di oprek, maka status yang muncul adalah Bootloader Tidak Terkunci (terbuka). Jadi, pastikan jika kamu membeli xiaomi baru, status Bootloadernya, adalah terkunci, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek xiaomi kalian. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga bermanfaat.

Related posts