8 Cara Cek BPKB Online

  • Whatsapp

Saat ini, kebutuhan akan kendaraan bermotor semakin meningkat. Pilihannya pun semakin banyak. Tak hanya kendaraan baru, banyak juga yang membeli kendaraan bekas. Namun, sebelum membeli kendaraan bekas, harus tahu cara cek BPKB online.

Kamu harus teliti, terutama memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan. Salah satunya yaitu BPKB. Kasus peredaran BPKB palsu akhir-akhir ini marak terjadi saat jual-beli kendaraan bekas.

Pemalsunya tak main-main, BPKB yang dikeluarkannya sangat mirip dengan aslinya. Lantas, bagaimana cara membedakan BPKB asli dan palsu? Tak perlu khawatir, kini kamu bisa cek keaslian BPKB secara online. Simak ulasan mengenai cara cek BPKB online berikut, ya!

Apa Itu BPKB?

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau biasa disebut BPKB merupakan buku yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan sah sebuah kendaraan bermotor. BPKB merupakan dokumen penting, dimana memuat informasi spesifik mengenai identitas kendaraan. BPKB biasanya diperoleh ketika sudah membeli sebuah kendaraan bermotor. Jika kendaraan tidak dilengkapi dengan BPKB, patut dicurigai sebagai kendaraan illegal atau hasil curian.

Selain dapat mengecek BPKB secara langsung, bisa juga dengan pengecekan online. Pengecekan BPKB bertujuan untuk memastikan keasliannya. Selain itu, pengecekan BPKB juga digunakan untuk memastikan apakah kendaraan sudah terdaftar. Ini untuk memastikan kendaraan yang kamu beli bukan lah kendaraan illegal atau hasil curian.

Cara Cek BPKB Online

"<yoastmark

Cara cek BPKB online tiap daerah berbeda-beda, tergantung terdaftar di wilayah mana. Hingga saat ini, cek BPKB online memang baru bisa dilakukan di beberapa provinsi saja. Selebihnya, untuk provinsi yang belum memiliki situs atau aplikasi online, maka harus mendatangi kantor Samsat terdekat.

Related  Cara Cek Garuda Miles

Adapun beberapa cara cek BPKB online di beberapa wilayah Indonesia bahkan dapat kamu laukan dengan menggunakan handphone. Simak ulasan mengenai cara cek BPKB online berikut, ya!

Cek BPKB Online Via e-Samsat

Cara pertama yaitu melalui aplikasi Samsat Online Nasional atau e-Samsat. Aplikasi ini adalah layanan elektronik milik Tim Pembina Samsat Nasional. E_Samsat dibuat berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor.

Meski namanya Samsat Online Nasional, nyatanya aplikasi ini belum bisa diakses untuk seluruh wilayah Indonesia. Baru bisa diakses di beberapa provinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat. Berikut cara cek BPKB online menggunakan aplikasi e-Samsat:

  • Unduh dan install aplikasi Samsat Online Nasional melalui Google Play Store
  • Setelah terpasang, buka aplikasi ini
  • Masukkan data diri dan data kendaraan milikmu
  • Akan tertampil informasi lengkap mengenai PKB dan SWDKLLJ kendaraan, dimana ada kaitannya dengan besaran pajak kendaraan

Cek BPKB Online Jakarta

Bagi warga yang tinggal di wilayah DKI Jakarta, ada dua cara yang dapat kamu gunakan untuk cek BPKB online. Berikut kedua cara tersebut:

1. Cara pertama yaitu melalui SMS ke nomor 1717. Kamu bisa kirim SMS dengan format: METRO (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: METRO B1234BK

2. Cara kedua dengan mengunjungi https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Untuk melakukan pengecekan kamu harus memasukkan nomor polisi kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selanjutnya centang kotak Verifikasi Keamanan lalu klik Cari

Cek BPKB Online Banten

Sedangkan jika kamu adalah warga Banten, bisa cek BPKB online melalui aplikasi Samsat Banten. Berikut adalah langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Unduh dan install aplikasi Samsat Banten Hebat (SAMBAT) melalui Google Play Store
  • Jika sudah terpasang, buka aplikasi SAMBAT tersebut
  • Pilih Info PKB
  • Masukkan nomor polisi kendaraan
  • Selanjutnya klik Cari
Related  5 Cara Cek Saldo ATM BNI

Cek BPKB Online Jawa Barat

Nah, untuk warga Jawa Barat ada dua cara juga untuk pengecekan secara online. Berikut adalah dua cara yang dapat kamu coba:

1. Cara pertama melalui SMS ke nomor 3977. Kirim SMS dengan format: poldajbr (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: poldajbr D4321AA

2. Selain itu, bisa juga memanfaatkan layanan online milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat. Begini caranya:

  • Masuk ke halaman https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  • Kamu akan diminta untuk mengisi nomor polisi kendaraan dan warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)
  • Setelah itu isi Kode Keamanan
  • Lalu klik Cari

Cek BPKB Online Jawa Tengah

Warga Jawa Tengah juga bisa cek BPKB online dengan tiga cara.  Apa saja caranya? Berikut adalah 3 cara yang dapat kamu coba:

1. Cara pertama melalui SMS ke nomor 9600 dengan format: JATENG (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: JATENG H6789AB

2. Selanjutnya, cara kedua yaitu dengan mengunjungi halaman http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

3. Sedangkan cara ketiga adalah melalui aplikasi SAKPOLE. Berikut adalah caranya:

  • Unduh dan install aplikasi SAKPOLE di Google Playstore
  • Setela berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut
  • Pilih menu Informasi
  • Kemudian pilih menu Kendaraan Bermotor
  • Selanjutnya akan diminta untuk mengisi nomor polisi kendaraan
  • Jika sudah, klik Proses

 Cek BPKB Online Yogyakarta

Kamu adalah warga Yogyakarta? Wajib tahu cara cek BPKB online ini. Pemerintah Yogyakarta telah menyediakan aplikasi  infopkbdiy  untuk melakukan pengecekan BPKB secara online. Berikut adalah caranya:

  • Unduh dan install aplikasi infopkbdiy di Google Play Store atau Apps Store
  • Jika sudah berhasil terpasang, buka lah aplikasi infopkbdiy
  • Masukkan nomor kendaraan milikmu
  • Kemudian klik Cari

Cek BPKB Online Jawa Timur

Bagi arek Jawa Timur, inilah 2 cara yang dapat dicoba untuk mengecek BPKB secara online:

  1. SMS ke nomor 7070. Formatnya: JATIM (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: JATIM L2021BC
  2. Melalui situs milik Dipenda Jawa Timur. Begini caranya:
Related  Cara Cek Saldo JHT

Cek BPKB Online Riau

Tak hanya warga Pulau Jawa, Warga Riau pun bisa melakukan pengecekan BPKB secara online. Caranya pun cukup mudah. Berikut adalah caranya:

Cek Keaslian BPKB Manual

Selain secara online, kamu juga bisa cek keaslian BPKB secara manual. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Periksa cover BPKB. Perbedaan BPKB asli dan palsu terletak pada bahan dari covernya. Yang asli biasanya lebih mengkilap, sedangkan yang palsu cenderung buram.
  • Cek hologram di halaman pertama BPKB. Coba terawang hologram tersebut, jika warnanya abu berarti asli. Sedangkan jika warnanya berubah-ubah, kemungkinan besar palsu.
  • Perhatikan lambang Korlantas pada halaman ke 14 BPKB. Pada BPKB asli, lambang timbul saat diterangi sinar ultraviolet dan sedikit kasar jika dirasakan. SEdangkan BPKB  palsu biasanya memiliki tekstur kertas rata.
  • Cermati bagian identitas pemilik kendaraan. Biasanya BPKB palsu hanya mengubah data kendaraan, sementara data pemilik kendaraan tidak berubah.

Demikian cara cek BPKB online. Ingat, jika membeli kendaraan bekas, jangan lupa cek BPKB-nya! Ini demi keamananmu supaya tidak terkena tipu penjual yang nakal.

Related posts