10 Cara Cek HP Samsung

  • Whatsapp

HP Samsung palsu sampai saat ini masih marak beredar.  Biasanya HP palsu dijual dengan harga jauh lebih murah dari aslinya. Bagi yang awam, tentu ini sangat menggiurkan. Karena itu, harus selalu hati-hati dan cari tahu bagaimana cara cek HP Samsung sebelum membeli.

Membedakan HP tersebut asli atau palsu memang susah-susah gampang. Beberapa HP Samsung palsu bahkan sangat mirip dengan aslinya. Supaya tidak tertipu saat membeli HP Samsung, simak ulasan tentang cara cek HP Samsung berikut ini, ya.

Read More

Cara Cek HP Samsung

Cara Cek HP Samsung
Cara Cek HP Samsung

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengecek apakah HP Samsung yang akan kamu beli asli atau tidak. Berikut cara-cara yang dapat kamu ikuti:

  1. Cek Fisik HP Samsung

Cara pertama yaitu dengan cek tampilan fisik HP Samsung. Kamu harus ekstra teliti saat mengecek karena beberapa HP sangat mirip aslinya alias KW super. Meski demikian, ada ciri yang membedakan HP Samsung asli dan palsu. Berikut ciri-cirinya:

  • HP Samsung asli memiliki body yang kokoh, tidak ringan seperti plastik
  • Material casing HP Samsung asli juga cenderung terasa lebih kasar. Material HP Samsung palsu biasanya lebih licin dan ringan karena terbuat dari semi-plastik
  • Logo pada HP Samsung palsu cenderung mudah dihapus dan kasar
  • Pada Samsung palsu, jarak antara tepi layar dengan casing lumayan lebar
  • Samsung palsu biasanya tidak dilengkapi beberapa sensor yang biasa ada pada Samsung asli
  • Kualitas layar HP Samsung asli lebih cerah daripada yang palsu
  1. Cek Nomor IMEI HP Samsung

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu cek nomor IMEI HP Samsung tersebut. International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah sebuah kode unik yang merupakan identitas dari HP dan berlaku secara internasional. Nomor IMEI  terdiri dari 14 hingga 16 digit angka. Setiap HP memiliki nomor IMEI berbeda.

Related  4 Cara Cek Saldo Mandiri

Cek menggunakan nomor IMEI ini mudah, yaitu dengan cek kesamaan nomor IMEI pada boks dengan yang ada di layar setelah mengetik *#06#. Kamu juga bisa cek nomor IMEI ini melalui situs resmi IMEI. Masukkan saja nomor IME yang tertera di boks, kemudian cek kesamaan informasi yang tertampil. Jika tidak sama, bisa dipastikan HP Samsung tersebut palsu.

  1. Cek HP Samsung dengan Kode 

Samsung memiliki kode khusus untuk megetahui tipe dari HP. Nah, kamu bisa cek keaslian HP Samsung menggunakan cara ini. Ketik saja *1234# atau *#9999#, maka akan tampil informasi mengenai tipe atau seri dari HP tersebut. Kamu tinggal cocokkan dengan yang tertera di boks.

Perlu diperhatikan, kamu harus tahu cara membaca informasi mengenai nomor seri ini. Daftar kodenya bisa dilihat melalui situs resmi Samsung. Misalnya SM-N975F/DS adalah kode untuk HP Samsung Galaxy Note 10+. Jika ternyata tipe HP berbeda dengan yang tertera di boks, kemungkinan besar HP Samsung tersebut palsu.

  1. Cek HP Samsung dengan Samsung Kies

Layaknya Iphone, Samsung juga memiliki aplikasi khusus untuk mengecek keaslian dan spesifikasi produk. Unduh saja aplikasi Samsung Kies pada laptop/PC. Setelah itu sambungkan HP Samsung ke laptop/PC menggunakan kabel USB.

Samsung Kies akan mendeteksi HP tersebut. Jika muncul informasi, selamat HP Samsung milikmu asli. Namun, jika tidak muncul informasi alias tidak terdeteksi, bisa jadi HP Samsung milikmu palsu.

Namun, bisa jadi USB yang kamu gunakan tidak berfungsi. Coba sekali lagi menggunakan USB lain. Jika informasi tetap tidak muncul, HP Samsung milikmu benar-benar palsu.

  1. Cek HP Samsung Lewat Settings

Cara lainnya, kamu bisa cek HP Samsung dengan melihat spesifikasinya di dalam HP. Masuk saja ke menu Setting, kemudian pilih About Device. Cocokkan informasi yang muncul dengan spesifikasi yang dirilis resmi oleh Samsung. Jika berbeda dengan spesifikasi resmi, HP Samsung millikmu jelas replika.

  1. Cek HP Samsung dengan Aplikasi CPU-Z

Selain cara-cara yang telah disebutkan di ats, kamu bisa coba cek HP Samsung melalui aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini berguna untuk menampilkan secara lengkap spesifikasi sebuah HP. Setelah aplikasi diunduh dan terpasang, kamu bisa cek nomor seri, model, dan spesifikasi lainnya. Jika berbeda dengan yang tertera di boks, HP Samsung milikmu berarti palsu.

  1. Cek HP Samsung dengan LCD Test

Kamu juga bisa cek keaslian HP Samsung dengan LCD test. Ketik saja *#0*# atau *#*#4636#*#*  pada layar HP Samsung milikmu. Akan tertampil informasi mengenai kamera, layar sentuh, getaran, dan spesifikasi lainnya. HP Samsung palsu biasanya tak bisa menampilkan informasi seperti ini.

  1. Cek Kualitas Kamera HP Samsung

HP Samsung dikenal dengan kualitas kameranya yang bagus. Hasil fotonya terlihat detail, jernih dan tajam. Nah, biasanya HP Samsung palsu kualitas kameranya  jauh dari yang asli. Hasil fotonya pun lebih buram.

Related  10 Cara Cek E-Toll di HP

Selain itu, fitur zoom jauh jarang dimiliki oleh HP Samsung palsu. Beberapa memang HP palsu memang memiliki fitur ini. Namun, tetap saja hasilnya tidak sejernih HP Samsung Asli.

  1. Cek Kualitas Layar HP Samsung

HP Samsung asli terkenal memiliki layar yang jernih dan tajam. Ini karena dibuat menggunakan teknologi Super Amoled. Sementara, HP Samsung palsu biasanya menggunakan layar TFT atau IPS LCD. Karena itu kualitasnya berbeda, tidak setajam dan sejernih yang asli.

  1. Bandingkan Harga

Sebenarnya cara paling mudah cek HP Samsung asli atau palsu adalah dengan membandingkan harga pasaran Samsung pada umumnya. Jika harga yang ditawarkan sangat murah, jauh di bawah harga pasarannya, kamu perlu hati-hati. Kemungkinan besar HP tersebut adalah HP palsu.

Namun, banyak yang awam tentang hal ini. Jadi mudah tergiur dengan iming-iming harga yang sangat murah. Padahal yang dibeli adalah HP Samsung Palsu.

Di sisi lain, ada juga pedagang nakal yang ingin mengambil banyak untung. Mereka menjual HP Samsung palsu dengan harga normal. Untuk itu, kamu perlu cek keasaslian HP Samsung milikmu dengan mengikuti cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips Terhindar dari HP Samsung Palsu

Agar terhindar dari membeli HP Samsung palsu, ikuti tips berikut ini:

  • Beli HP Samsung di toko resmi Samsung

Kamu bisa membeli HP secara offline ataupun online di toko resmi milik Samsung. Hampir di setiap kota memiliki Galeri Samsung, jadi kamu bisa membelinya di sini. Jika membeli secara online melalui marketplace, pilih official account Samsung. Dijamin HP Samsung yang kamu beli adalah asli.

  • Beli HP Samsung di toko dengan reputasi baik

Jika di kota tempatmu tinggal tidak ada Galeri Samsung, pilihlah toko HP dengan reputasi baik. Toko dengan reputasi baik biasanya hanya menjual HP asli. Demikian juga jika membeli secara online lewat marketplace, pilih toko yang breputasi baik. Reputasi ini dapat dilihat dari review para pembeli.

  • Jangan tergiur dengan harga murah
Related  4 Cara Cek IMEI Samsung

Jika ada yang menawarkan HP Samsung keluaran terbaru dengan harga sangat murah, kamu patut curiga. Besar kemungkinan HP tersebut palsu. Jadi, jangan tergiur dengan iming-iming harga murah ini, ya.

Demikian cara cek HP Samsung beserta tips terhindar dari membeli HP Samsung palsu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Rekomendasi Editor:

Related posts