2 Cara Cek NPWP

  • Whatsapp

Mengapa kita harus membayar pajak? Alasan paling sederhana untuk pertanyaan ini adalah bahwa pemerintah kota, dan negara menerapkan undang-undang perpajakan, dan uang dari pembayar pajak membayar semua jenis layanan pemerintah. Nah kalau kamu masih bingung mengapa kamu harus tahu cara cek NPWP dan segara dramanya, postingan ini akan menjelaskan semuanya.

Cara Cek NPWP

Cara Cek NPWP
Cara Cek NPWP

Sebelum jauh menjelaskan semua hal tentang NPWP, kamu harus lebih dulu tahu kalau Pemerintah Indonesia ini terdiri dari beberapa bagian: legislator (pihak yang membuat undang-undang), eksekutif (bagian yang menjalankan aturan), yudaikatif (mereka yang menegankkan undang-undang dan hukum).

Nah, uang yang diterima dari pajak membayar individu yang bekerja untuk pemerintah, serta untuk program publik seperti pendidikan dan infrastruktur kaya jalan. Meskipun merupakan persyaratan hukum, membayar pajak juga dianggap sebagai kewajiban sipil.

Jenis-Jenis Pajak di NPWP

Bukan cuma satu macam, pajak datang dalam beberapa bentuk. Pajak penghasilan adalah jumlah yang kamu bayarkan saat bekerja di suatu pekerjaan. Bergantung pada penghasilan yang kamu terima, persentase dari uang itu akan ditahan, artinya uang itu akan dikeluarkan dari gaji dan dikirim ke pemerintah.

Selain itu, saat kamu membeli barang di toko, pajak penjualan akan biasanya ditambahkan ke harga satuan barang yang kamu jual. Untuk mereka yang menjual barang akan dikenai pajak penjualan yang merupakan persentase dari biaya barang yang dibebankan di toko. Kalau kamu punya properti, kamu juga diharuskan untuk membayar pajak properti atas nilai yang dinilai. Jenis pajak ini namanya adalah PBB – Pajak Bumi dan Bangunan.

Mengapa Harus Bayar Pajak NPWP

Selama berabad-abad pajak telah menjadi fakta penting dalam kehidupan nasional. Tanpa jenis penghasilan ini, akan tidak mungkin bagi sebuah negara untuk membayar layanan pertahanan negara, layanan kesehatan, kesejahteraan dan sosialnya, sekolah dan universitasnya, dan sistem transportasinya.

Related  5 Cara Cek Saldo ATM BNI

Selain bidang pengeluaran yang besar ini, dukungan keuangan dalam bentuk pajak juga disalurkan kepada berbagai bidang vital lainnya seperti industri, olahraga, pariwisata dan budaya. Parlemen dalam hal ini Dewan Perwakilan Rakyat bersama dengan Kementrian Keuangan menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mempertimbangkan dan menyetujui skema perpajakan, dan juga untuk memastikan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Apa itu NPWP?

Kalau kamu sudah greget untuk tahu cara cek NPWP, bentar, kamu harus sabar sedikit lagi karena bagian ini akan membahas apa itu NPWP. Well, NPWP adalah kepanjangan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Dasar dari hadirnya NPWP adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 yang menjelaskan bahwa NPWP adalah tanda pengenal resmi bagi mereka yang dikenakan Wajib Pajak. Nomor ini nantinya akan dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Secara staturanya, Nomor Pokok Wajib Pajak terdiri dari 15 digit angka. Seluruh digit ini memiliki artinya sendiri lho!. Sembilan angka pertama merupakan kode unik yang menjadi rentetan angka istimewa untuk tiap Wajib Pajak. Tiga angka selanjutnya merupakan identitas kode Kantor Pelayanan Pajak yang mengeluarkan NPWP. Sementara tiga angka terakhir merupakan status Wajib Pajak.

Perlu dicatat bahwa tiap angka dari rentetan sembilan digit pertama menjadi komponen paling penting dalam urutan nomor NPWP karena nomor ini akan membedakan identitas satu Wajib Pajak dengan yang lainnya. Kalau kamu masih bingung, angka ini sama pentingnya dengan nomor voucher listrik yang ada di rumah kamu.

Selanjutnya,  secara jenis, Nomor Pokok Wajib Pajak terdiri dari dua jenis. Diantaranya:

  1. Nomor Pokok Wajib Pajak Badan: Jenis NPWP ini diserahkan untuk badan usaha atau perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia. Terlepas dari entiti perusahaannya, bahkan perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia juga harus memiliki jenis NPWP ini.
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak Perorangan (Pribadi): Senada dengan jenis sebelumnya, jenis NPWP ini dikhususkan untuk personal yang memiliki penghasilan di Indonesia. Namun tidak semua orang akan menjadi Wajib Pajak. Tapi bahasan itu akan kita jelaskan lain waktu ya!
Related  5 Cara Cek Tipe HP Oppo

Kegunaan Fungsi NPWP

Iya, sabar-sabar, dikit lagi bakal sampai ke bahasan cara cek NPWP. Nah, apa sebenarnya kegunaan 15 digit ini angka ini? Sama pentingnya dengan KTP kah? Untuk apa sebenarnya kegunannya? Well, tiga pertanyaan ini kerap muncul di benak mereka yang baru pertama kali ngurus NPWP.

Jawabannya gampang. NPWP sama pentingnya dengan Kartu Identitas Penduduk alias KTP. Dengan NPWP kamu bisa memastikan identitas kamu termasuk saat mengambil dan membuat tabungan di Bank BRI, misalnya. Jenis identitas ini mungkin terdengar menekan bagi beberapa orang, namun untuk sebagian lainnya, NPWP adalah salah satu jenis nomor identitas yang paling krusial dalam kehidupan mereka.

Khusus berbicara tentang penghasilan, NPWP bisa membantu untuk melaporkan pajak tahunan atau SPT. Tidak berhenti di situ, nomor identitas ini juga bisa digunakan untuk mengecek status pajak dan juga identitas lengkap si empunya – personal Wajib Pajak.

Cara Cek NPWP Secara Akurat Termudah

Dengan sederet peran vitalnya maka sangat penting untuk Wajib Pajak memastikan bahwa NPWP mereka tetap aktif. Cara termudahnya adalah dengan melakukan pengecekan NPWP secara berkala. Nah, untuk saat ini ada lima cara termudah untuk cek status Nomor Pokok Wajib Pajak ini. Tapi untuk kepentingan variasi keyword – hehe – kita hanya akan membahas dua cara saja.

Cek NPWP via Kring Pajak

Yes, meski era sudah serba digital, Dirjen Pajak masih menyediakan channel analog berupa nomor telefon resmi layanan pajak. Hebatnya lagi, hotline ini diklaim badan pengelola pajak ini akan standby tujuh hari seminggu, 24 jam sehari alias setiap setiap saat.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan paket telefon atau sekalian isi voucher kartu telkomsel kamu dan langsung menghubungi nomor Kring Pajak di 1500200. Nanti kamu akan dibantu oleh para operator handal yang akan menjelaskan semua hal tentang pajak. Tidak hanya mudah, cara ini juga aman karena sistem informasi yang diadopsi telah menggunakan teknologi enkripsi terbaru.

Related  2 Cara Cek Golongan Darah

Cek NPWP via Kantor Pajak

Cara cek NPWP yang satu ini bahkan lebih analog lagi. Kalau kamu kebetulan punya waktu atau memang lagi semangat jalan-jalan, kamu bisa kok cek status NPWP kamu di Kantor Pelayanan Pajak terdekat di kota mu. Untuk variasi pengecekan ini kamu cuma perlu bawa KTP sesuai dengan identitas NPWP kamu. Nanti di sana, kamu akan dipandu oleh petugas setempat untuk melakukan validasi dan pengecekan status NPWP kamu. Tidak lama kok asal semua berkasnya lengkap!

Nah, mengetahui dua cara efektif untuk cek NPWP ini tentu bisa jadi motivasi untuk kamu yang penasaran tentang lika-liku nomor identitas pajak ini. Dan faktanya, tidak ada lika-liku atau drama kok. Selama kamu mengikuti aturan yang ada, semua proses yang berhubungan dengan Nomor Pokok Wajib Pajak ini akan berlangsung instan dan tanpa masalah. Yuuk mulai bayar pajak!

Rekomendasi Editor:

Related posts